Menginap di kamar hotel memang terasa menyenangkan, apalagi ketika liburan bersama keluarga. Tentu berlibur dengan keluarga bisa terasa sangat nyaman ketika mendapatkan hotel dengan kamar yang mantap.
Namun Anda harus memperhatikan peraturan di hotel ya, kalau melanggar bisa terkena cas loh. Istilah ini muncul karena adanya ketidak sesuaian penggunaan fasilitas hotel maupun adanya penyalahan aturan menginap.
Apa itu CAS Hotel?
Bagi Anda yang belum tahu, Extra charge hotel adalah biaya tambahan atau biaya tambahan di luar biaya kamar yang sudah dibayarkan sebelumnya.
Tamu hotel yang terkena cas tamabahan biasanya karena melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran. Entah itu memakai fasilitas hotel tanpa izin, hingga merusak fasilitas hotel.
Setiap hotel memiliki aturan tersendiri terkait kena cas atau biaya tambahan kepada para tamu. Anda tentu wajib membaca terlebih dahulu aturan tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diiinginkan.
Selain itu, cas hotel ini juga berlaku untuk tamu yang memesan layanan tambahan loh. Sebagai contoh Anda hanya memesan satu buah kamar dengan fasilitas laundry dan kolam renang.
Ketika Anda menginginkan fasilitas lain seperti spa atau gym, maka bisa membuat Anda terkena cas.
Lans kalau kena charge berapa sih biayanya? Nah untuk biayanya sendiri tergantung dari aturan pihak hotel dan layanan apa yang Anda gunakan. Kalau layanan tersebut mahal, maka akan membutuhkan biaya yang besar.
Sebagai contoh Anda menghilangkan kunci hotel, maka bisa terkena denda mulai dari 50.000 hingga jutaan rupiah. Pada intinya Anda harus konfirmasi ke pihak hotel terlebih dahulu.
Penyebab Seseorang Terkena Biaya Charge Hotel
Anda yang mungkin kaget dengan extra charge dari hotel, wajib banget untuk memahami beberapa penyebabnya nih. Tercatat ada beberapa penyebab seseorang terkena tambahan biaya, antara lain:
1. Kelebihan Orang (Extra Person Charge)
Ketika Anda memesan kamar di hotel, harga yang tertera biasanya berdasarkan jumlah tamu maksimal untuk kamar tersebut. Misalnya, kamar yang dipesan hanya untuk 2 orang, tapi Anda datang dengan 4 orang.
Maka hotel akan mengenakan biaya tambahan per orang di luar kapasitas standar. Hal tersebut dilakukan untuk menutupi biaya penggunaan fasilitas tambahan seperti handuk, tempat tidur, atau kebutuhan lain.
2. Kerusakan Barang (Damage Charge)
Hotel biasanya menyediakan berbagai perlengkapan untuk kenyamanan tamu, seperti remote TV, gelas, cangkir, handuk, dan sebagainya.
Apabila Anda meakainya dan terjadi kerusakan pada barang tersebut, maka pihak hotel akan meminta biaya ganti rugi.
Oleh karena itu, saat memakai fasilitas hotel, sebaiknya manfaatkan dengan benar. Jangan sampai terjadi kerusakan yang membuat Anda terkena denda dari pihak hotel.
3. Layanan Tambahan (Additional Service Charge)
Hotel seringkali menawarkan layanan ekstra, seperti check-in lebih awal (early check-in), check-out/ meninggalkan kamar hotel lebih lambat (late check-out), atau tambahan tempat tidur (extra bed).
Layanan seperti ini memungkinkan Anda terkena cas karena memperoleh keamanan dan kenyamanan ekstra dari pihak hotel. Yah kalau alasan ini masuk akal, mengingat Anda memang membutuhkan layanan tersebut.
4. Konsumsi Minibar (Minibar Consumption Charge)
Di banyak hotel, kamar dilengkapi dengan minibar yang berisi berbagai macam makanan ringan dan minuman. Walaupun kelihatan seperti camilan gratis, tetapi minibar ini tidak termasuk dalam tarif kamar.
Setiap barang yang dikonsumsi dari minibar akan dikenakan biaya yang ditambahkan ke tagihan kamar. Harga brang di minibar biasanya juga lebih mahal, karena itu pastikan Anda siap membayar biaya tambahan ini.
5. Panggilan Telepon (Telephone Call Charge)
Walaupun saat ini banyak tamu menggunakan ponsel pribadi, ada kalanya tamu tetap memanfaatkan telepon kamar hotel. Hal ini mungkin sering terjadi untuk para tamu yang memiliki sinyal ponsel lemah.
Biaya layanan tambahan ini biasanya telah diinformasikan oleh resepsionis. Anda bisa negosiasi terkait durasi menelpon dan biayanya.
Tips Agar Tidak Terkena Cas Hotel
Bagi Anda yang baru menginap di hotel, Anda wajib menyimak tips berikut agar nantinya tidak terkena biaya tambahan dari hotel.
1. Baca dengan Teliti Syarat dan Ketentuan Hotel
Sebelum melakukan pemesanan, Anda wajib membaca semua syarat dan ketentuan dari hotel yang akan dipilih. Cek lagi apakah ada biaya tambahan seperti biaya parkir, biaya layanan kamar, atau pajak tambahan.
Biasanya, informasi ini tertulis di bagian “Kebijakan Hotel” atau “Syarat dan Ketentuan”. Dengan membaca aturan tersebut, Anda bisa mengetahui biaya apa saja mungkin dikenakan dan menghindari kejutan di akhir menginap.
2. Periksa Fasilitas Kamar yang Dipesan
Pastikan untuk memeriksa detail fasilitas kamar yang sudah Anda pesan. Misalnya seperti fasilitas sarapan, fasilitas mandi, Wi-Fi gratis, dan lain-lain.
Anda juga perlu memperhatikan kapasitas kamar, jangan sampai Anda menginap dengan ketentuan kamr yang kurang memadai.
Dengan memastikan fasilitas kamar yang dipesan sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka nantinya Anda bisa menghindari biaya tambahan yang tidak diinginkan.
3. Laporkan Kerusakan pada Fasilitas Kamar
Saat masuk ke kamar, periksa fasilitas yang ada seperti TV, AC, dan perabot lainnya. Jika Anda menemukan ada barang yang rusak, segera laporkan ke pihak hotel.
Hal ini bertujuan agar Anda dapat menghindari potensi biaya ganti rugi karena kerusakan yang bukan kesalahan Anda. Dengan begitu Anda bisa nyaman berada di kamar hotel tersebut.
4. Tanyakan Biaya Tambahan untuk Layanan Tambahan
Jika Anda ingin menggunakan layanan tambahan seperti laundry, antar-jemput, atau pesan makanan ke kamar, pastikan untuk bertanya berapa biaya yang dikenakan.
Beberapa hotel mungkin menawarkan layanan ini dengan biaya yang mahal. Oleh karena itu Anda perlu bertanya terlebih dahulu agar tidak mengeluarkan uang yang besar saat menginap di hotel.
5. Perhatikan Konsumsi Minibar
Minibar di kamar hotel seringkali diisi dengan berbagai minuman dan makanan ringan. Namun makanan dan minum tersebut biasanya lebih mahal ketimbang harga normalnya.
Jika memungkinkan tidak perlu memakai fasilitas tersebut agar Anda tidak terkena cas tambahan dari pihak hotel.
Khusus untuk Anda yang tertarik dengan kunci kamar hotel, sekarang Fortress menyediakannya untuk Anda loh. Kami memiliki produk samrt door lock Fortress dengan teknologi yang mirip dengan kunci hotel.
Kalau Anda tertrik, silahkan hubungi tim Fortress agar Anda memperoleh detail produk yang lebih bagus.